Pentingnya Dokumentasi Audit Bagi Akuntan Publik

Posted on

Pentingnya Dokumentasi Audit Bagi Akuntan Publik

Secara umum, auditor mempunyai kebutuhan untuk mendokumentasikan Kertas Kerja Pemeriksaan (KKP) dalam ranka compliance dengan aturan profesi. Seperti diketahui, dokumentasi audit merupakan catatan yang digunakan sebagai dasar untuk mengambil kesimpulan auditor dan dijadikan sebagai pendukung bagi penyajian auditor.

Manfaat dokumen audit cukup jelas bagi akuntan publik, yaitu memudahkan perencanaan, pencapaian, dan pengawasan perikatan serta sebagai bukti untuk melakukan review mutu pekerjaan auditor. Dokumen audit meliputi arsip perencanaan, pencapaian pekerjaan, prosedur melakukan dan memperoleh bukti audit, dan kesimpulan yang dicapai auditor. Dengan kata lain dokumen audit merupakan kertas kerja auditor.

Dokumentasi audit juga mencakup penyajian lisan kepada perusahaan atau pihak yang lain, baik yang berdasarkan secara sukarela atau jika diperlukan untuk mematuhi standar profesional, mencakup hubungan dengan suatu perikatan di mana suatu laporan auditor yang tidak dikeluarkan.

Sebagai contoh, walaupun auditor tidak boleh mengeluarkan suatu laporan dalam kaitannya dengan perikatan untuk meninjau ulang informasi keuangan, mereka biasanya akan membuat penyajian lisan tentang hasil tinjauan ulang itu. Melalui dokumentasi tersebut pihak yang berkepentingan dapat melakukan review melalui KKP.

Makanya cukup penting bagi auditor, apalagi yang baru memulai suatu perikatan untuk meninjau ulang dokumentasi pekerjaan auditor terdahulu. Hal ini dapat membantu mereka untuk menyelenggarakan perikatan sekarang. Melalui dokumen audit dapat dilihat bagaimana tim audit mencapai kesimpulan, apakah telah didasari bukti yang cukup.

Sementara itu manfaat dokumentasi audit bagi tim pemeriksa internal dan eksternal dapat dimanfaatkan untuk mereview mutu, apakah audit keuangan yang dilakukan telah memenuhi standar auditing yang disyaratkan standar profesional, ketentuan hukum yang bisa diterapkan, peraturan, dan kebijakan pengendalian mutu auditor.

Kebutuhan Dokumentasi

Auditor harus membuat dokumentasi audit dalam hubungan dengan perikatan guna memenuhi standar profesional yang berlaku. Dokumentasi audit harus disiapkan secara detail untuk menyediakan suatu pemahaman yang jelas tentang tujuan, sumber, dan pencapaian kesimpulan dalam melakukan audit. Dokumentasi yang dilakukan harus wajar dan terorganisir dengan baik guna penelusuran suatu mata rantai yang jelas atas penemuan terhadap isu-isu yang penting.

Contoh, dokumentasi audit yang meliputi surat peringatan, konfirmasi, surat menyurat, jadwal, program audit, dan surat penyajian. Bentuk dokumentasi audit mungkin bisa berupa catatan, file elektronik, atau dalam bentuk media lain.

Kenapa mesti harus wajar dan terorganisir dengan baik, sebab dokumentasi audit diarahkan untuk mendukung laporan auditor. Manfaatnya sebagai petunjuk menaati standar, sebagai dasar untuk menarik kesimpulan auditor yang terkait dengan laporan keuangan, dan sebagai petunjuk rekonsiliasi arsip akuntansi dalam laporan keuangan.

Untuk itu, auditor harus melakukan dokumentasi atas prosedur, memperoleh bukti, dan mencapai kesimpulan berkenaan dengan asersi laporan keuangan. Dokumentasi audit ini harus dengan jelas menunjukan bahwa pekerjaan secara riil telah dilakukan.

Melalui dokumentasi audit, memungkinkan pihak lain melihat apakah auditor melakukan pekerjaan sesuai dengan standar dan ketentuan yang berlaku. Auditor yang berpengalaman jelas mempunyai suatu pemahaman yang baik terhadap aktivitas kelayakan suatu audit dan telah banyak belajar dari berbagai industri.

Untuk menentukan luasnya dokumentasi berkaitan dengan pernyataan laporan keuangan, auditor akan mempertimbangkan faktor berikut: diantaranya prosedur audit, resiko salah material berkaitan dengan pernyataan; luasnya pertimbangan yang diperlukan untuk menyelenggarakan pekerjaan dan mengevaluasi hasil.

Sebagai contoh, perkiraan akuntansi memerlukan pertimbangan lebih besar dan secara setaraf dokumentasi yang lebih luas; Arti memperoleh bukti terhadap pernyataan diuji; dan pernyataan laporan keuangan yang relevan dengan yang digariskan dalam standar profesional.

Tanggung jawab terhadap dokumen tidak hanya pada suatu kesimpulan dapat ditentukan dari dokumentasi dalam melakukan prosedur atau memperoleh bukti. Aplikasi dari faktor ini menentukan apakah luasnya dokumentasi telah mencukupi. Sebagai tambahan terhadap dokumentasi diperlukan untuk mendukung kesimpulan akhir auditor, dokumentasi audit meliputi informasi auditor bagaimana kaitannya dan pengenalannya terhadap penemuan penting.

Apa Itu Dokumentasi Audit?

Dokumentasi audit ialah rekaman tercatat dari semua kegiatan yang sudah dilakukan oleh akuntan public sepanjang lakukan audit di suatu perusahaan. Dokumentasi ini terhitung semua tipe catatan, document, dan laporan yang dibikin oleh akuntan public sepanjang lakukan audit.

Mengapa Dokumentasi Audit Penting?

Dokumentasi audit penting untuk akuntan public karena ini dapat menolong akuntan public dalam menilai hasil audit dan jamin jika audit sudah dilaksanakan dengan professional dan efisien. Disamping itu, dokumentasi audit berperan sebagai bukti dalam kasus pengadilan bila terjadi perselisihan dengan client atau regulator.

Bagaimana Dokumentasi Audit Dilaksanakan?

Saat lakukan dokumentasi audit, akuntan public harus pastikan jika tiap kegiatan audit sudah ditulis detil dan tepat. Dokumentasi audit harus juga dibikin dengan teratur sepanjang proses audit berjalan. Disamping itu, akuntan public harus juga pastikan jika dokumentasi audit itu gampang dimengerti dan bisa dicheck oleh faksi yang lain berkuasa.

Apa Saja Isi pada Dokumentasi Audit?

Isi pada dokumentasi audit mencakup gagasan audit, hasil audit, penemuan audit, dan ringkasan dan referensi audit. Disamping itu, dokumentasi audit harus juga meliputi semua document yang dipakai oleh akuntan public sepanjang lakukan audit, seperti document keuangan, nota intern, dan catatan lapangan.

Apa Saja Keuntungan dari Dokumentasi Audit yang Baik?

Dokumentasi audit yang bagus bisa memberikan keuntungan untuk akuntan public dan client. Dokumentasi audit yang komplet dan tepat bisa menolong akuntan public dalam memutuskan yang pas dan menghambat kekeliruan pada proses audit. Dokumentasi audit yang bagus bisa memberikan faedah untuk client, karena document itu bisa dipakai sebagai dasar saat membuat keputusan usaha yang akurat.

Apa Saja Resiko dari Tidak Membuat Dokumentasi Audit yang Baik?

Tidak membuat dokumentasi audit yang bagus bisa memunculkan resiko untuk akuntan public dan client. Resiko itu diantaranya kesusahan dalam menilai hasil audit, kesusahan dalam mencari penemuan audit, dan resiko hukum bila terjadi perselisihan dengan client atau regulator.

Apa Saja Rintangan dalam Membuat Dokumentasi Audit yang Baik?

Rintangan khusus saat membuat dokumentasi audit yang bagus yaitu memastikan jika semua info yang terdaftar dalam dokumentasi itu tepat dan komplet. Disamping itu, akuntan public harus juga pastikan jika dokumentasi itu gampang dimengerti dan bisa dicheck oleh faksi yang lain berkuasa. Rintangan yang lain yaitu memastikan jika dokumentasi audit itu dibikin langkah yang struktural dan teratur.

Bagaimana Langkah Tingkatkan Kualitas Dokumentasi Audit?

Untuk tingkatkankualitas dokumentasi audit, akuntan public bisa ambil langkah-langkah, seperti lakukan ulasan pada dokumentasi audit dengan periodik, lakukan training dan peningkatan ketrampilan audit, dan pastikan jika semua staff yang terturut pada proses audit pahami dan mengaplikasikan proses dokumentasi audit secara betul.

Bagaimana Dokumentasi Audit Menolong dalam Mengurus Resiko?

Dokumentasi audit bisa menolong akuntan public dalam mengurus resiko karena dokumentasi itu bisa dipakai sebagai dasar dalam memutuskan usaha yang pas dan meminimalisir resiko keuangan. Disamping itu, dokumentasi audit bisa memberikan info yang tepat dan paling dipercaya berkenaan keadaan keuangan sesuatu perusahaan.

Bagaimana Dokumentasi Audit Berperan dalam Kenaikan Kualitas Audit?

Dokumentasi audit bisa berperan dalam kenaikan kualitas audit karena dokumentasi itu bisa menolong akuntan public dalam menilai hasil audit dan membenahi proses audit di periode mendatang. Disamping itu, dokumentasi audit yang bagus bisa menolong dalam jamin jika audit sudah dilaksanakan langkah yang professional dan efisien.

Bagaimana Langkah Mempromokan Keutamaan Dokumentasi Audit untuk Akuntan Public?

Untuk mempromokan keutamaan dokumentasi audit untuk akuntan public, bisa dilaksanakan lewat beragam langkah, seperti lakukan seminar dan training, membuat content mendidik di sosial media, dan melangsungkan dialog panel dengan beberapa pakar berkaitan permasalahan ini. Disamping itu, dapat lakukan kampanye promo lewat iklan di mass media atau media sosial.

Ringkasan

Dokumentasi audit penting untuk akuntan public karena ini bisa menolong dalam menilai hasil audit dan jamin jika audit sudah dilaksanakan dengan professional dan efisien. Dokumentasi audit berperan sebagai bukti dalam kasus pengadilan bila terjadi perselisihan dengan client atau regulator. Maka dari itu, akuntan public harus pastikan jika tiap kegiatan audit sudah ditulis detil dan tepat dan dibikin dengan teratur sepanjang proses audit berjalan. Terima kasih sudah membaca artikel berikut dan sampai jumpa kembali di artikel yang menarik yang lain.